About Me

BK SMA Negeri 1 Gegesik
Guru BK memfasilitasi siswa untuk meraih masa depan cerah
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Statistik

Komentar

Sabtu, 26 November 2011

MENINGKATKAN DAYA INGAT


1. Yakini bahwa otak yang kamu miliki mempunyai kapasitas yang sangat besar untuk mengingat apapun, kalaupun kamu ingin mengingat isi bumi beserta partikel dan atomnya, maka otak kita masih tersisa banyak sekali. Dengan berbekal keyakinan itu maka otak kita telah dirancang secara otomatis untuk mengingat. (Agus Ngremanto :2002)
2. Jadikan semua yang akan kamu lihat menjadi bermakna bagimu, karena sesuatu yang bermakna akan bertahan lama kita ingat. Supaya bermakna maka kamu harus melibatkan semua ranah psikologis yang ada dalam dirimu. Optimalkan emosi, pikiran serta tubuhmu.
Contoh : jika kamu disuruh oleh ibu untuk membeli mie instan, saus, ikan mas, bubur ayam. Tanpa bantuan alat tulis mungkin kamu akan lupa. Namun coba jika kamu membayangkan semua hal itu dengan imajinasi, bayangkan jika kamu menemukan mie basi yang berbau anyir (ikan), sampai warnanya tidak lagi seperti biasanya namun berwarna kemerah-merahan seperti saus tomat busuk, bentuknya pun tidak lagi sedap dipandang melainkan menjijikan seperti bubur tumpah. Bukankah lebih mudah diingat !
3. Seringlah mengulang-ulang, walaupun tanpa bermaksud untuk mengingatnya. Intensitas dalam melakukan pengulangan akan sangat berdampak kuatnya hapalan kita.

0 komentar:

Posting Komentar