About Me

BK SMA Negeri 1 Gegesik
Guru BK memfasilitasi siswa untuk meraih masa depan cerah
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Statistik

Komentar

Sabtu, 26 November 2011

PENYAKIT DAN OBAT KREATIF

Kita harus mampu mencari tahu kendala yang menghambat kreativitas dan cara melawannya.



Penyakit : Ragu–ragu
Perasaan ini timbul karena kita merasa tidak memiliki kemampuan untuk menggapai cita – cita. Kita merasa tidak memiliki bakat apapun yang bisa dikembangkan dan bisa dijadikan pijakan orientasi bagi cita – cita

Obat : Kepercayaan diri
Kepercayaan diri adalah menyadari bahwa kita memiliki hal – hal yang dibutuhkan untuk menggapai cita cita

Penyakit : Menunda
Bila kita sering menunda pekerjaan, maka hasilnya tidak pernah maksimal. Menunda pekerjaan berarti memboroskan waktu dan energi kita. Menunda membuat kita mudah terkena serangan panik dan tidak tenang

Obat : Disiplin
Kunci utama kesuksesan adalah disiplin. Disiplin bukan berarti kita harus membuat jadwal tiap jam nya tanpa meluangkan waktu untuk bersenang – senang. Disiplin adalah konsisten dengan tugas dan waktu yang telah ditargetkan.

Penyakit : Cita – cita tidak jelas
Kalau kita sudah tidak punya arah tujuan dari awalnya, maka akan kacau kehidupan selanjutnya. Ketidak jelasan cita – cita dan harapan akan mengabulkan masa depan seseorang.

Obat : Imajinasi
Imajinasi bukan berarti khayalan kosong, imajinasi dalam hal ini adalah lamunan sebuah keinginan yang berusaha kita jadikan kenyataan. Dengan berimajinasi, kita memiliki kemampuan untuk memimpikan cita – cita yang tinggi dan berusaha menciptakan visi tentang masa depan yang akan dilalui.

Penyakit : Takut gagal
Orang yang selalu dihantui perasaan takut gagal akan membuatnya tidak mampu melakukan apapun. Perasaan takut gagal adalah langkah awal bagi setiap kegagalan berikutnya.

Obat : Kemampuan untuk mengambil resiko
Kemampuan untuk mengambil resiko adalah berani berbuat dan tidak takut gagal. Memiliki kejujuran pada diri sendiri tentang perasaan dan kebutuhan kita. Orang yang tidak takut gagal biasanya berani mencoba sesuatu yang baru atau berbeda dan tidak takut gagal, neras nyaman dengan dirinya, sadar akan kemampuan dirinya, sehingga dia tahu apa yang harus dilakukan.

0 komentar:

Posting Komentar